Marzuki: Hakim Daming Harus Didiskualifikasi

Written By bopuluh on Senin, 14 Januari 2013 | 20.47

JAKARTA, KOMPAS.com- Mantan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Marzuki Darusman meminta Komisi III DPR segera mendiskualifikasi calon hakim agung Daming Sunusi sebagai calon hakim agung. Ucapan Daming soal perkosaan sangat tidak pantas, sehingga dia harus didiskualifikasi tanpa harus menunggu selesainya uji kelayakan dan kepatutan.

"Dia harus didiskualifikasi," kata Marzuki Darusman kepada Kompas di Jakarta, Selasa (15/1/2/2013).

Candaaan Daming di depan Komisi III telah memicu kontrversi dan kritik meluas. Sejak kemarin hingga hari ini kritikan itu menyebar luas di media sosial.

Seperti diberitakan, saat menjalani uji kelayakan dan kepantasan di depan anggota Komisi III DPR, Daming mengatakan, hukuman mati untuk pemerkosa perlu dipikirkan karena yang diperkosa dan memperkosa sama-sama menikmati.

Meski Daming mengakui ucapan itu sebagai candaan, Marzuki mengatakan, "pernyataan itu tak bisa diterima. Bahkan, ia menyesalkan anggota komisi III DPR yang ikut tertawa. "Ini skandal besar dan Komisi III DPR harus minta maaf kepada masyarakat," katanya.

Marzuki juga menyarankan, karena pernyataan Daming itu muncul dalam sidang resmi di Komisi III DPR, maka Wakil Ketua DPR yang membidangni masalah politik harus meminta maaf kepada masyarakat.

"Perkosaan adalah kejahatan kemanusiaan yang luar biasa. Tak pantas itu menjadi bahan candaan, apalagi dalam forum parlemen yang terhormat," lanjutnya.

Diskualifikasi terhadap Daming sejak dini perlu dilakukan, kata Marzuki, karena kalau menanti sampai uji kelayakan selesai, pernyataan yang menyakitkan itu akan tertutup dengan persoalan administrasi belaka. Dia juga heran mengapa anggota Komisi III DPR ikut tertawa mendengar pernyataan Daming tersebut.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Marzuki: Hakim Daming Harus Didiskualifikasi

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/01/marzuki-hakim-daming-harus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Marzuki: Hakim Daming Harus Didiskualifikasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Marzuki: Hakim Daming Harus Didiskualifikasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger