Fakta Paling Mengejutkan Bonobo Kerabat Manusia

Written By bopuluh on Rabu, 02 Januari 2013 | 20.47

NORTH CAROLINA, KOMPAS.com - Hasil studi terbaru tentang Bonobo, salah satu jenis kera besar kerabat manusia, mengejutkan. Bonobo ternyata lebih terbuka dibanding manusia. Mereka suka berbagi dengan individu asing atau belum dikenalnya.

Ilmuwan mengetahuinya setelah mempelajari bonobo di Taman Margasatwa Loya ya Bonobo di Kinshasha, Kongo. Ilmuwan menyebut, hasil penelitian ini adalah "salah satu fakta paling gila yang pernah ditemukan".

"Ini kelihatan gila bagi kita, tapi Bonobo memilih untuk berbagi dengan individu asing. Mereka mencoba memperluas jaringan," kata Brian Hare, profesor antropologi evolusi d Duke University yang memimpin penelitian.

Seperti dikutip Physorg, Rabu (2/1/2012), Hare berpendapat bahwa berbagi dengan individu asing lebih bernilai untuk memperluas pertemanan daripada membagi dengan yang sudah dikenal untuk mempertahankan pertemanan.

Hare melakukan beberapa eksperimen sebelum sampai pada kesimpulan tersebut. Ia meletakkan makanan tepat di tengah pagar yang memisahkan dua bonobo, satu yang dikenal, satu yang tidak. Bonobo tahu bagaimana membuka pagar dan mengakses kandang lain. Bonobo bisa saling berpandangan.

Penelitian mengungkap, dari sebanyak 14 bonobo yang diikutsertakan dalam eksperimen, 9 diantaranya memilih untuk berbagi makanan dengan individu asing. Hanya dua individu yang memilih berbagai dengan yang sudah dikenal sementara 3 memakannya endiri.

Hare kemudian melakukan eksperimen untuk mengetahui motivasi bonobo berbagi. Pada set eksperimen pertama, bonobo diberi akses untuk berinteraksi. Pada set eksperimen kedua, bonobo hanya diminta berbagi tetapi tak diberi akses berinteraksi.

Hasil menunjukkan bahwa reaksi bonobo berbeda. "Bonobo peduli satu sama lain. Mereka akan berbagi meskipun hanya memiliki benefit sedikit. Tapi ketika tak melihat benefit apapun, mereka takkan berbagi." Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal PLoS ONE, kemarin.


Anda sedang membaca artikel tentang

Fakta Paling Mengejutkan Bonobo Kerabat Manusia

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/01/fakta-paling-mengejutkan-bonobo-kerabat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fakta Paling Mengejutkan Bonobo Kerabat Manusia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fakta Paling Mengejutkan Bonobo Kerabat Manusia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger