Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

Written By bopuluh on Senin, 16 September 2013 | 21.47

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA

Sineas Mira Lesmana hadir pada acara pemutaran perdana film Atambua 39 Drajat Celcius di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/11/2012). Pada film yang mengambil setting di perbatasan Indonesia-Timor Leste itu, Mira Lesmana menjadi produser bekerja sama dengan Riri Riza selaku sutradara dan penulis naskah.

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara dan produser film Mira Lesmana (49) mengungkap keprihatinannya terhadap dunia film di Indonesia. Menurut dia, wajah film Indonesia sangat didominasi oleh wajah Jakarta. Dia cemas, aspirasi yang muncul dari generasi muda saat ini hanya mengacu pada Jakarta.

"Saat ini, 80 persen wajah film Indonesia adalah Jawa, khususnya Jakarta. Wajah Indonesia yang kaya keberagaman tidak dapat dilihat secara lengkap," papar Mira, pekan lalu, dalam dialog terkait Makassar SEAScreen Academy.

Makassar SEAScreen Academy adalah sebuah workshop perfilman bagi sineas muda dari Indonesia timur. Acara yang digagas oleh sutradara Riri Riza ini akan digelar untuk kedua kalinya pada 4-8 Oktober di Makassar, Sulawesi Selatan. Di situ Mira berperan sebagai kepala sekolah.

"Di dunia film kita, Indonesia timur adalah tempat yang sangat tidak dikenal. Industri film juga hanya ada di Jakarta. Padahal, banyak kisah dari Indonesia timur yang bisa diangkat," kata Mira.

Makassar SEAScreen Academy diharapkan memunculkan sineas muda yang akan melahirkan karya beragam sesuai latar belakang daerah mereka. Ajang ini juga diharapkan dalam jangka panjang dapat menumbuhkan jaringan distribusi film di Indonesia timur. (DOE)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/09/mira-lesmana-indonesia-bukan-cuma.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mira Lesmana: Indonesia Bukan Cuma Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger