Basuki: Kalau Ada Jalan Soeharto, SBY Mestinya Juga Ada

Written By bopuluh on Senin, 02 September 2013 | 21.47

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai bahwa sebaiknya usul penggunaan nama Soeharto sebagai nama dipertimbangkan kembali. Secara pribadi, Basuki berpendapat bahwa jika nama Soeharto menjadi nama jalan, maka semestinya nama mantan Presiden RI pun perlu diabadikan dengan cara yang sama.

"Kalau ada Jalan Soeharto, kenapa Abdurrahman Wahid enggak ikut? Kenapa Megawati enggak ikut? Pak Habibie enggak ikut? Terus Pak SBY juga mesti ikut dong," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Oleh karena itu, kata Basuki, perubahan nama itu bisa menjadi sebuah masalah baru. Basuki lebih suka nama Jalan Medan Merdeka tidak diubah karena telah dikenal luas oleh publik. Perubahan nama jalan di sekeliling Monumen Nasional itu, kata Basuki, justru membuat warga perlu beradaptasi kembali dengan nama baru. Kendati demikian, Basuki menyerahkan masalah pergantian nama ini kepada tim khusus yang mengkaji perubahan nama jalan itu.

Sebelumnya, sejarawan Anhar Gonggong menilai bahwa pemakaian nama Soeharto masih perlu dikaji lebih dalam, terutama terkait beberapa hal kontroversial selama masa pemerintahan Orde Baru. Nama Soeharto akan diusulkan untuk menggantikan nama Jalan Merdeka Barat, sedangkan nama mantan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin menggantikan nama Jalan Merdeka Timur. Perubahan nama jalan itu masih dalam kajian Panitia 17 yang diketuai oleh Jimmly Ashidiqie.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah menyampaikan usulan Panitia 17 tentang perubahan nama-nama Jalan Medan Merdeka. Yang sudah disampaikan kepada Presiden RI adalah usulan perubahan nama Jalan Medan Merdeka Utara menjadi Jalan Soekarno dan Jalan Medan Merdeka Selatan menjadi Jalan Hatta.

Editor : Laksono Hari Wiwoho


Anda sedang membaca artikel tentang

Basuki: Kalau Ada Jalan Soeharto, SBY Mestinya Juga Ada

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/09/basuki-kalau-ada-jalan-soeharto-sby.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Basuki: Kalau Ada Jalan Soeharto, SBY Mestinya Juga Ada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Basuki: Kalau Ada Jalan Soeharto, SBY Mestinya Juga Ada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger