Penumpang Komuter Sebut THB Tak Praktis

Written By bopuluh on Rabu, 21 Agustus 2013 | 21.47


JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama diberlakukannya Tiket Harian Berjaminan (THB), Kamis (22/8/2013) ini, dianggap tidak praktis oleh penumpang komuter. Mereka harus mengantre lagi untuk mengambil uang jaminan Rp 5.000.

"Ribet ah Mbak yang ini (THB). Mesti ngantre lagi buat ngambil duit yang Rp 5.000. Yang kemaren (Kartu Single Trip) aja udah antre-antre gitu pas mau keluar," kata Rusminah, di Stasiun Cawang, Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Hal senada juga diungkapkan oleh Kus. Penumpang tujuan Bojong Gede tersebut mengaku kaget karena harus membayar Rp 7.000.

"Kaget banget Mbak pas dibilangin suruh bayar Rp 7.000. Biasanya kan cuma Rp 2.000 aja kalau dari sini (Stasiun Depok Baru). Tapi, sih, nanti katanya uang Rp 5.000-nya bisa balik," kata Kus.

Menurut Kus, meski ribet, perubahan sistem tiket tersebut akan mengurangi penumpang yang 'nakal'. "Bagus sih. Kalau udah kayak gini nanti udah nggak ada lagi yang bisa nyolong-nyolong. Semuanya mau enggak mau harus beli tiket," ujarnya.

Selain itu, beberapa penumpang juga merasa bingung dengan pihak Commuter Line yang selalu mengubah sistem dan membuat penumpang bingung. "Tiap bulan berubah terus sistemnya, tapi enggak pernah bener. Bikin bingung aja. Itu nanti misalnya tiketnya ini enggak dibalikin, uang Rp 5.000-nya kemana? Enggak ngerti saya," kata Hendra, saat ditemui di Stasiun Depok, Kamis (22/8/2013).

PT KAI Commuter Jakarta (PT KCJ) resmi memberlakukan Tiket Harian Berjaminan atau THB untuk menggantikan Kartu Single Trip. THB tersebut memiliki sistem yang hampir sama dengan Kartu Single Trip. Bedanya, THB harus membayar uang jaminan tiket sebesar Rp 5.000.

Penggantian sistem tersebut dilakukan untuk mengantisipasi Kartu Single Trip yang banyak hilang karena dibawa penumpang. Alasan sosialisasi membuat PT KCJ memundurkan pemberlakuan THB menjadi hari ini, Kamis (22/8/2013). Selain itu, pihak PT KCJ juga menyiagakan petugas di setiap stasiun dari pihak kepolisian dan TNI untuk pengamanan hari pertama pemberlakuan Tiket Harian Berjaminan.

Editor : Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Penumpang Komuter Sebut THB Tak Praktis

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/08/penumpang-komuter-sebut-thb-tak-praktis.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Penumpang Komuter Sebut THB Tak Praktis

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Penumpang Komuter Sebut THB Tak Praktis

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger