Militer Mesir: Mursi Ditahan sebagai Langkah Preventif

Written By bopuluh on Rabu, 03 Juli 2013 | 21.47

KAIRO, KOMPAS.COM - Militer Mesir menahan Presiden Muhamed Mursi yang telah digulingkan sebagai tindakan preventif, kata seorang pejabat senior militer kepada AFP, Kamis (4/7). "Dia ditahan sebagai langkah preventif untuk persiapan akhir," kata pejabat itu.

Ia menjelaskan bahwa Mursi mungkin akan menghadapi dakwaan resmi terkait tuduhan-tuduhan yang dibuat oleh lawan-lawannya.

Mursi ditahan bersama para pembatu seniornya setelah mengeluarkan seruan pembangkangan yang meminta para pendukungnya untuk melindungi "legitimasi" dirinya sebagai presiden terpilih, dalam sebuah pidato direkam beberapa jam setelah militer mengumumkan bahwa ia telah digulingkan, Rabu.

"Kami harus mengkonfrontasi beberapa beberapa, (tentang) retorika yang mengancam ini," kata pejabat militer itu. "Dia berhasil menciptakan permusuhan antara rakyat Mesir," kata pejabat itu lagi.

Setidaknya 50 orang tewas dalam bentrokan di hari-hari menjelang protes besar-besaran pada 30 Juni menyerukan agar Muris mundur. Hal itu mendorong militer mengeluarkan ulmatim, yaitu  memberinya waktu 48 jam untuk menemukan kesepakatan dengan para pengunjuk rasa.

Sebelumnya, seorang anggota senior Ikhwanul Muslimin, Gehad El-Haddad, mengatakan bahwa  Mursi ditahan di fasilitas militer bersama para pembantu utamanya setelah tentara mengumumkan kejatuhannya. "Mursi dan seluruh tim presiden berada di bawah tahanan rumah di Presidential Republican Guards Club," kata Gehad El-Haddad.

El Haddad merupakan putra seorang pembantu utama Mursi. Ayah Haddad, yaitu Essam El-Haddad, yang secara luas dilihat sebagai tangan kanan Mursi, termasuk di antara mereka yang ditahan.

Namun dalam perkemabangan kemudian, El Haddah mengatakan bahwa Mursi sudah dipisahkan dari para pembantu dekatnya dan Muris telah dibawa ke Kementerian Pertahanan.

Editor : Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Militer Mesir: Mursi Ditahan sebagai Langkah Preventif

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/07/militer-mesir-mursi-ditahan-sebagai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Militer Mesir: Mursi Ditahan sebagai Langkah Preventif

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Militer Mesir: Mursi Ditahan sebagai Langkah Preventif

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger