3 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia untuk Bantu Akhiri Konflik Mesir

Written By bopuluh on Senin, 29 Juli 2013 | 21.47

Kubu oposisi membentangkan bendera Mesir saat berunjuk rasa di luar Istana Presiden di Kairo, Mesir, 2 Juli 2013. Militer Mesir pada 3 Juli mengambil alih kekuasaan, dengan menyatakan penangguhan konstitusi, menunjuk pemimpin sementara, dan berjanji menjadwalkan segera pemilu Mesir. | AP PHOTO / HASSAN AMMAR


JAKARTA, KOMPAS.com - Krisis politik Mesir dinilai disebabkan oleh kebuntuan dialog antara pihak-pihak yang bertikai. Intelektual Nahdlatul Ulama (NU) Zuhairi Misrawi mengatakan, negara lain bisa membantu Mesir untuk memecahkan kebuntuan itu, termasuk Indonesia. Menurutnya, ada tiga hal yang bisa dilakukan pemerintah Indonesia untuk membantu mengakhiri konflik horizontal yang terjadi di Mesir.

"Pertama saya kira Indonesia bisa berperan untuk mendorong rekonsiliasi antara pihak-pihak yg berseberangan, terutama antara Ikhwanul Muslimin dan militer," ujarnya di sela Diskusi Darurat Hewan, di Kantor Change.org, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Kedua, lanjut Zuhairi, Indonesia dapat menularkan inspirasi mencapai Pancasila sebagai dasar filosofi berbangsa dan bernegara. Ia bercerita, sekitar tahun 1960-an, Presiden pertama RI, Soekarno, pernah berpidato di Al Azhar Mesir ketika memperoleh gelar doktor honoris causa. Dalam pidatonya, Soekarno secara khusus menyampaikan bagaimana pancasila menjadi common platform seluruh warga negara.

"Saat itu Pancasila sangat dikagumi oleh para ulama karena ini menjadi jalan tengah bagi kebuntuan sekularisme dan islamisme," kata Zuhairi.

Namun sayangnya, saat itu tidak terjadi semacam konsensus politik yang menjamin tersebarnya ideologi pancasila di Mesir. Kini, lanjut Zuhairi, Indonesia bisa memberikan inspirasi tentang Pancasila pada Mesir dalam melewati proses transisi demokrasi.

Sementara itu, langkah ketiga yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan mendesak negara tersebut untuk ikut bergabung dengan kekuatan PBB, supaya ada kekuatan yang mampu mengakhiri kekerasan.

"Kekerasan yang terjadi di Mesir ini efek dari politisi kekerasan," ujar Zuhari.

Editor : Caroline Damanik


Anda sedang membaca artikel tentang

3 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia untuk Bantu Akhiri Konflik Mesir

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/07/3-hal-yang-bisa-dilakukan-indonesia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

3 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia untuk Bantu Akhiri Konflik Mesir

namun jangan lupa untuk meletakkan link

3 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia untuk Bantu Akhiri Konflik Mesir

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger