Puluhan Rumah di Konawe Diterjang Puting Beliung

Written By bopuluh on Jumat, 01 Maret 2013 | 20.47

KENDARI, KOMPAS.com — Sekitar 40 rumah di Kelurahan Abuki, Kecamatan Abuki, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, rusak akibat terjangan angin puting beliung yang melanda wilayah itu, Jumat (1/3/2013) sore.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tetapi lima rumah yang diterjang angin puting beliung rata dengan tanah, sedangkan 35 rumah lainnya rusak ringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Jahiyudin, menuturkan, angin puting beliung yang datang mendadak membuat warga panik hingga harus menyelamatkan diri.

"Anginnya berputar-putar hingga membuat genting beterbangan. Suaranya juga bergemuruh membuat orang-orang takut dan panik. Untung seluruh warga ke luar rumah untuk menghindari benda yang terjatuh kembali setelah disapu angin," katanya Sabtu (2/3/2013).

BPBD Konawe, terang Jahiyudin, menurunkan 13 orang petugas BPBD ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terkena bencana angin putting beliung. 

"Jadi, warga yang rumahnya roboh mengungsi untuk sementara waktu. Kami membantu evakuasi warga yang rumahnya rusak berat ke rumah tetanga lainnya. Petugas juga melakukan pendataan bangunan yang rusak," terang Jahiyudin.

Ia menjelaskan, hari ini, pihaknnya baru akan menurunkan bantuan berupa kebutuhan dasar, seperti beras dan mi instan, kepada warga yang terkena angin puting beliung. Dikatakan Jahiyudin, sepanjang tahun 2013, pihaknya mencatat sudah empat kejadian bencana angin puting beliung terjadi di Konawe.

"Baru dua hari lalu angin puting beliung menerjang empat rumah di Desa Ukusawo Kecamatan Wonggeduku. Bulan Januari angin puting beliung juga terjadi di Desa Onembute dan Wawonii Selatan. Sebanyak 19 rumah rusak berat akibat angin putting beliung," tutupnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Puluhan Rumah di Konawe Diterjang Puting Beliung

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/03/puluhan-rumah-di-konawe-diterjang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Puluhan Rumah di Konawe Diterjang Puting Beliung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Puluhan Rumah di Konawe Diterjang Puting Beliung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger