Siapa Pemerkosa Bocah 11 Tahun Itu

Written By bopuluh on Kamis, 03 Januari 2013 | 20.47

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuh hari sudah RI (11) tak bisa berkomunikasi. Ayah dan bunda, L (54) dan A (50) hanya bisa menunggu selang yang terbelit di lengan dan hidung membuat puteri bungsunya bangun dari tidur panjang. Diagnosa dokter rumah sakit yang menyebutkan alat kelamin RI rusak terus membuat orangtua gelisah. Siapa yang tega melakukan itu pada RI?

RI diterima Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan (RSUPP) pada 29 Desember 2012 dalam kondisi suhu badan tinggi serta mengalami kejang. Dokter terkejut saat hendak mengobservasi RI. Terdapat sebuah luka lama yang tak tertangani lama di kemaluannya.

"Keadaannya menurun, kita memberi alat bantu pernafasan, jadi kesadarannya kita turunkan (Somnolen), supaya proses perawatan pasien ini semakin mudah," ujar Direktur Umum RSUP Persahabatan, Dr Priyanti Z Soepandi kepada wartawan, Kamis (3/1/2013).

Menurutnya, luka terdapat di antara dubur dan kemaluan RI. Luka itu layaknya luka yang tidak tertangani. Meski kata dokter luka itu cukup berat, namun pascapenanganan awal, dokter telah membersihkan lukanya. Beruntung, luka itu juga tak mengganggu kesehatan reproduksi RI.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait serta aktivis pemerhati anak lainnya telah menjenguk RI. Selain melihat kondisi kesehatan RI, pihaknya juga melakukan wawancara khusus terhadap orangtuanya.

Dengan segala fakta itu, Arist meyakini luka itu akibat dari kekerasan seksual. Namun, penggalian informasi tentang siapa pelaku terbentur dengan kondisi RI yang masih koma hingga saat ini.

"Yang bersangkutan sejak dibawa ke sini (RSUP Persahabatan) sudah dalam kondisi tak bisa berkomunikasi. Makanya penyebabnya harus didiagnosa terus," ujarnya.

RI dan orangtuanya tinggal di sebuah kontrakan di permukiman kumuh kawasan Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Kontrakannya menyatu dengan lapak pemulung. Sang ayah berprofesi hanya sebagai pemulung sampah sementara sang ibu hanya sebagai ibu rumah tangga biasa.

Sang ibu mengaku tidak memiliki kecurigaan terkait siapa pelaku yang tega melakukan hal tersebut kepada puteri bungsu dari enam bersaudaranya. Komunikasi antara sang ibu dengan puterinya itu pun tergolong tak baik. RI tak pernah menceritakan pengalamannya, baik di sekolah atau di mana pun kepada ibunya.

"Enggak ada kecurigaan, sama tetangga kek atau sama siapa. Orang mainnya sama teman-teman sekolah atau di rumah, biasa. Enggak pernah ke teman yang lebih dewasa," ujarnya.

Meski demikian, A memang merasakan terjadi perubahan perilaku terhadap RI. Perangainya yang biasa ceria kini berubah menjadi murung dan pendiam. Terlebih, sang ibu pernah mendapati sang anak secara sembunyi-sembunyi mencuci celana dalamnya sendiri di kamar mandinya. Namun, hal tak pernah terpikifkan oleh A.

Baru setelah mendapati fakta ini, ia baru tersadar. Perubahan perilaku yang paling dirasakan sang ibu adalah saat RI hendak berangkat ke sekolah yang ditempuhnya dengan berjalan kaki bersama teman-temannya. RI sering minta diantar oleh sang ibu ke sekolah dengan menangis seperti ketakutan jika ia ketinggalan rombongannya.

"Sudah sebulan ini dia begitu. Nangis mulu kalau ditinggal sama teman-temannya. Selain itu, dia enggak pernah minta dianterin sampai sekolah, pasti di tengah jalan dia minta sendiri," ujarnya.

A dan L, kini hanya bisa menunggu kondisi RI berangsur-angsur membaik. Dengan demikian, pihak yang berwenang, baik keluarga, aktivis pemerhati anak, atau pun Polisi sekalian, bisa mengambil keterangan dari bocah malang itu.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Siapa Pemerkosa Bocah 11 Tahun Itu

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/01/siapa-pemerkosa-bocah-11-tahun-itu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siapa Pemerkosa Bocah 11 Tahun Itu

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siapa Pemerkosa Bocah 11 Tahun Itu

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger