Sentra BBM Khusus Petani di Kolaka, Pertama di Indonesia

Written By bopuluh on Senin, 07 Januari 2013 | 20.47

KOLAKA,KOMPAS.com - Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dijadikan contoh penggunaan tangki khusus BBM jenis solar bersubsidi untuk petani sawah di Indonesia.

Hal itu dikatakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Abdul Jabbar Toba saat mengikuti uji coba program tersebut di Desa Tosiba, Kecamatan Samaturu, Kolaka, Selasa (8/1/2013).

Abdul Jabbar Toba mengatakan pogram tersebut mendapat respons luar biasa ketika diusulkan kepada Kementerian Pertanian.

"Ketika saya menghadap Menteri Pertanian terkait tangki khusus BBM jenis solar subsidi untuk petani sawah, Pak Menteri sangat merespons dan dalam suratnya menjadikan Sultra sebagai contoh di Indonesia. Kalau ini gagal maka seluruh Indonesia akan gagal," kata Jabbar, yang ditemui di Desa Tosiba, Senin (8/1/2013).

Menurut Jabbar, ide penggunaan tangki khusus BBM jenis solar bersubsidi kepada petani berasal dari Dinas Pertambangan Kolaka dan Bupati Kolaka. Dia, ujar Jabbar, selaku anggota DPD hanya menjadi penghubung keinginan Pemda kepada Menteri.

Jabbar mengatakan, jika program ini berhasil, pihak Kementerian ESDM akan memberikan fasilitas lagi.

Jabbar mengungkapkan, program ini diusulkan pada saat Wakil Menteri ESDM masih dijabat mendiang Widjajono Partowidagdo yang meninggal dunia di Gunung Tambora. Ketika itu Widjajono bahkan berjanji akan ke Kolaka untuk meresmikan pengguaan tangki BBM khusus untuk petani.

"Dengan diperlakukannya tangki khusus BBM, kita berharap Sultra menjadi lumpung padi selain Sulsel. Jadi tangki khusus ini masih uji coba dan Pak Menteri menjadikan Sultra sebagai contoh," katanya.

Pada kesempatan itu, Jabbar mengharapkan agar para petani sawah bisa menggunakan BBM subsidi itu untuk meningkatkan produksi padi mereka. Untuk itu camat, lurah, dan kepala desa diminta untuk mengawasi keberadaan BBM bersubsidi itu.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sentra BBM Khusus Petani di Kolaka, Pertama di Indonesia

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/01/sentra-bbm-khusus-petani-di-kolaka.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sentra BBM Khusus Petani di Kolaka, Pertama di Indonesia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sentra BBM Khusus Petani di Kolaka, Pertama di Indonesia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger