Pengembang Besar Sudah Bersihkan Selokan

Written By bopuluh on Rabu, 23 Januari 2013 | 20.47

JAKARTA, KOMPAS.com- Pengembang besar berpartisipasi menggali endapan selokan hingga bersih. Penggalian endapan ini di antaranya bertujuan mengurangi risiko banjir dan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR). CSR dilakukan agar perusahaan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Perusahaan-perusahaann yang melakukan CSR dengan menggali endapan selokan adalah Grup Agung Podomoro, Grup Ciputra, Grup Pakuwon, dan PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk.

Para pengembang dan Ancol melakukan penggalian selama berbulan-bulan, melibatkan puluhan penggali selokan serta masyarakat sekitar. Mereka mendapat upah harian antara Rp. 90.000 sampai Rp 95.000 per hari. Penggalian sudah mulai dilakukan sejak bulan Oktober 2012.

PT Agung Podomoro Land Tbk di antaranya menggali selokan dalam di Podomoro City, Perumahan Permata Mediterania, dan perumahan-perumhan di Jakarta Utara. CEO Agung Podomoro Trihatma Kusuma Haliman menyatakan, penggalian itu sebagai CSR dan partisipasi kepada masyarakat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Tiap satu perumahan, biasanya tergali 9.000 karung sampai 15.000 karung endapan selokan. "Biayanya lumayan besar tetapi kami lega dan bahagia bisa berpartisipasi untuk publik," ujar Trihatma Haliman.

Ia mengatakan, aktivitas semacam ini akan terus berlanjut, karena memberi manfaat besar untuk publik. Trihatma mengatakan, kita atau siapapun tidak bisa hidup untuk senang sendiri. Kepedulian pada publik dan masyarakat sekitar adalah hal mutlak. "Biar seluruh masyarakat senang, dan kita merasa nyaman bersama," katanya.

Adapun eksekutif properti Grup Ciputra Budiarsa Sastrawinata mengatakan, Grup Ciputra mempunyai komitmen memberi manfaat lebih kepada para penghuni perumahan dan masyarakat sekitar. Grup Ciputra, katanya, selalu berusaha menjaga kebersihan, dan mendaur ulang sampah padat, serta sampah cair. Sampah cair didaur ulang menjadi air untuk cuci mobil, menyiram tanaman, "sentor" air toilet dan sebagainya.

Perumahan-perumahan di Grup Ciputra, tutur Budiarsa, umumnya membangun sejumlah situ agar menampung air bersih. Namun pembersihan atas endapan juga dilakukan.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

Pengembang Besar Sudah Bersihkan Selokan

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2013/01/pengembang-besar-sudah-bersihkan-selokan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengembang Besar Sudah Bersihkan Selokan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengembang Besar Sudah Bersihkan Selokan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger