Kebakaran di Lokbin Koja Menyisakan Kesedihan

Written By bopuluh on Minggu, 18 November 2012 | 20.47

Kebakaran di Lokbin Koja Menyisakan Kesedihan

Penulis : Robertus Belarminus | Senin, 19 November 2012 | 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi pada (pasar) Lokasi Binaan Permai Lorong 103 Koja, Jakarta Utara, menyisakan kesedihan bagi para pedagang atau para pemilik toko. Barang jualan mereka yang tersisa tinggalah puing-puing hangus yang terserak menjadi tidak berarti. Peristiwa itu sendiri terjadi pada pada Senin (19/11/2012) dini hari, pukul 01.15 WIB. Api yang mengamuk dilantai dua pasar dengan tiga lantai itu melahap habis barang berharga milik para pedagang.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, sebagian barang yang hangus akibat peristiwa itu berupa pakaian dagangan dan barang elektronik. Plafon-plafon bangunan pun rontok menjadi puing akibat api. Kini para pedagang yang tokonya menjadi korban kebakaran sejak pagi masih memungut dan membersihkan sisa-sisa barang mereka. Sebagian toko ada yang selamat dari amukan api. Namun pada toko yang terletak pada lantai dua dan berada pada posisi tengah mengalami kerusakan paling parah.

Oyon (55), pemilik toko Harapan Baru yang menjual barang elektronik, harus merelakan kejadian yang tak terduga itu. Seluruh barang elektronik yang dijualnya ludes dalam peristiwa kebakaran itu. "Yang dijual TV LCD, DVD, Kipas angin, semua barang elektronik yang saya jual habis. Paling yang kecil-kecil kayak lampu, remot aja ini," kata Oyon kepada Kompas.com, Senin (19/11/2012) pagi.

Dari peristiwa itu Oyon mengaku mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah. Saat ini dia belum bisa memikirkan langkah ke depan seperti apai. "Kerugian ditaksir 100 juta. Perasaan saya belum ada untuk selanjutnya. Jelas ini pukulan dan musibah juga," ujar Oyon.

Raut wajah kesedihan dan kaget dengan peristiwa itu tampak jelas pada para pemilik toko. Sebagian dari mereka enggan berbicara banyak terkait peristiwa itu karena mengaku masih terpukul dan shock. Walidi (59) selaku kordinator lapangan di Lokbin menyatakan, dari 70 kios yang ada di lantai dua, 18 kios ludes terbakar. Menurut informasi yang dia peroleh, penyebab kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek.

"Diduga korsleting listrik. Pemulihannya ini mungkin memakan waktu lama. Kalaupun kondisi sudah bersih, kami harus perbaiki listrik dulu, belum lagi psikis dari pedagangnya juga, ada yang shock ada yang ini, kami kan enggak ngerti. Ya, bisa berhari-hari semuanya," kata Walidi.

Informasi yang dikumpulkan Kompas.com, api membakar selama sekitar satu jam sebelum akhirnya berhasil dipadamkan. Saat ini total kerugian belum dapat ditaksir. Pada saat kejadian, pasar binaan itu sedang tak ada aktivitas. Pasalnya, kegiatan jual beli berakhir sampai pukul 23.00 WIB. Saat ini masih dilakukan upaya pembersihan dengan memungut puing-puing sisa yang masih bisa diselamatkan.

Editor :

Hertanto Soebijoto


Anda sedang membaca artikel tentang

Kebakaran di Lokbin Koja Menyisakan Kesedihan

Dengan url

http://lovingmothertochild.blogspot.com/2012/11/kebakaran-di-lokbin-koja-menyisakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kebakaran di Lokbin Koja Menyisakan Kesedihan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kebakaran di Lokbin Koja Menyisakan Kesedihan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger